10 Perusahaan Terbesar di Dunia Berdasarkan Kapitalisasi Pasar pada Tahun 2024

Business New City – Investor di seluruh dunia terus menunjukkan minat yang besar terhadap perusahaan-perusahaan besar berdasarkan kapitalisasi pasar atau kapitalisasi pasar. Sebagaimana didefinisikan oleh Investopedia, kapitalisasi pasar merupakan total nilai pasar saham suatu perusahaan.

Tidak mengherankan, posisi teratas pasar saham sebagian besar ditempati oleh perusahaan teknologi . Namun, sektor lain termasuk barang mewah, minyak, asuransi, dan perusahaan medis juga masuk dalam daftar tersebut.

Menurut Forbes India, berikut adalah daftar sepuluh perusahaan terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar per Maret 2024:

1. Perusahaan Microsoft

Dengan kapitalisasi pasar sebesar US$3,1 triliun, Microsoft berdiri sebagai perusahaan global terkemuka hingga Maret 2024. Perusahaan teknologi ini didirikan pada tahun 1975 dan menawarkan beragam produk dan layanan, termasuk sistem operasi Windows dan perangkat lunak Office. Perusahaan ini telah merambah ke komputasi awan dan perangkat, menunjukkan dominasinya di luar perangkat lunak.

2. Apple Inc.

Didirikan oleh Steve Jobs pada tahun 1976, Apple terkenal dengan produk-produknya, seperti iPhone, Mac, dan iPad. Kapitalisasi pasarnya mencapai US$2,68 triliun. Dedikasi perusahaan yang tak tergoyahkan terhadap inovasi dan desain yang unggul telah menjadikannya salah satu raksasa teknologi terkemuka.

3. Nvidia

Nvidia baru-baru ini mendapatkan popularitas untuk unit pemrosesan grafisnya, atau GPU, yang penting untuk sistem AI generatif seperti Google Bard dan OpenAI ChatGPT. Kapitalisasi pasarnya telah mencapai US$2,21 triliun.

4. Saudi Aramco

Di posisi keempat adalah Saudi Aramco, perusahaan minyak dan gas yang berkantor pusat di Arab Saudi dan menjadi tulang punggung ekonomi negara tersebut. Cadangan minyak dan gasnya yang melimpah serta lokasinya yang strategis di Timur Tengah memberinya posisi yang menonjol di antara para pemimpin pasar global.

5. Alfabet

Perusahaan Alphabet berada di posisi lima teratas dengan kapitalisasi pasar sebesar US$1,84 triliun. Perusahaan induk Google mencakup serangkaian produk teknologi termasuk mesin pencari, komputasi awan, perangkat lunak, perangkat keras, dan teknologi periklanan daring.

6. Amazon.com

Diakui sebagai perusahaan e-commerce terkemuka di dunia, Amazon menempati posisi keenam. Perusahaan ini telah memulai diversifikasi ke dalam komputasi awan, AI, dan layanan streaming digital. Dengan pengaruh yang signifikan dari Jeff Bezos, perusahaan ini memiliki kapitalisasi pasar hingga US$1,81 triliun.

7. Platform Meta

Sebelumnya dikenal sebagai Facebook Inc, Meta Platforms telah berkembang menjadi raksasa media sosial. Didirikan oleh Mark Zuckerberg, perusahaan ini juga menawarkan produk lain, seperti Instagram, WhatsApp, dan Oculus Metaverse. Dengan misi utamanya untuk memopulerkan konsep metaverse dan 3D virtual, Meta telah mencapai kapitalisasi pasar hingga US$1,26 triliun.

8. Berkshire Hathaway Inc.

Berkshire Hathaway, perusahaan investasi terdiversifikasi yang dipimpin oleh Warren Buffett, mempertahankan posisinya di antara investor paling sukses di dunia. Berkantor pusat di Omaha, Nebraska, perusahaan ini memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar US$883,7 miliar.

9. Eli Lilly dan Perusahaan

Eli Lilly and Company, perusahaan farmasi Amerika yang didirikan oleh Kolonel Eli Lilly pada tahun 1876, menempati posisi kesembilan. Dengan nilai kapitalisasi pasar sebesar US$ 724,6 miliar, perusahaan tersebut telah berhasil memasarkan produknya di sekitar 125 negara dan mendirikan kantor di 18 negara.

10. TSMC

Per Maret 2024, perusahaan terbesar kesepuluh berdasarkan kapitalisasi pasar adalah Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC), pelopor dalam industri semikonduktor. Didirikan pada tahun 1987, perusahaan ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$708,75 miliar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *