IKN Siap Terapkan Pertanian Modern, Pengamat Ingatkan Kegagalan Food Estate Indonesia

Business New City – Pengamat Pertanian pada Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI), Khudori, menanggapi rencana Otoritas IKN untuk membangun pertanian modern di Kota Ibu Kota Nusantara ( IKN ), Kalimantan Timur.

“Pertanyaannya, siapa yang akan melaksanakan (pertanian modern)? Apakah Otorita IKN akan melaksanakan rencana pertanian ramah lingkungan tersebut?” kata Khudori kepada Tempo , Rabu, 25 September 2024.

Khudori mengingatkan, perencanaan yang matang sangat diperlukan untuk menjalankan sistem pertanian modern, apalagi program lumbung pangan yang dicanangkan pemerintah selama ini dinilai gagal karena perencanaan yang buruk.

“Aspek perencanaan sangat penting,” kata Khudori, mengklaim bahwa pemerintah tidak memiliki catatan keberhasilan karena perencanaan yang buruk.

Khudori juga menegaskan, kebijakan pertanian modern harus menggunakan pendekatan pertanian cerdas dan dikelola oleh lembaga yang tepat. Apalagi jika kebijakan tersebut hanya bergantung pada warga, mengingat IKN bukan daerah penghasil pangan.

Sebelumnya, Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otoritas IKN Myrna Safitra mengatakan 10 persen dari luas wilayah IKN merupakan kawasan produksi pangan atau pertanian. Hal ini, katanya, akan menjadi target kebijakan untuk mengajak generasi muda turut mewujudkan kemandirian pangan di ibu kota baru.

Myrna mengatakan kegiatan pertanian di Kecamatan Samboja dan Samboja Barat sangat penting sebagai sumber pangan sehat di IKN. “Kami juga mendorong mereka untuk mengikuti upaya penanggulangan perubahan iklim,” kata Myrna dalam keterangan tertulisnya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *