Profesional Keuangan Tiongkok Beralih Karier karena Tindakan Keras Industri Meredupkan Prospek

Business New City Para bankir dan manajer dana Tiongkok yang kecewa meninggalkan karier di sektor keuangan di mana kampanye dan regulasi pemerintah telah mewarnai prospek sedemikian rupa sehingga bidang yang bervariasi seperti pendidikan dan bahkan komedi tunggal tampak lebih disukai.

Pengawasan yang ketat terhadap perdagangan, pembiayaan, dan pembuatan kesepakatan serta kemerosotan dalam perputaran saham dalam ekonomi yang lesu telah mengeringkan ekuitas swasta dan modal ventura serta menghancurkan pasar pencatatan pasar saham, yang mengakibatkan pemutusan hubungan kerja dan gaji.

Setelah tiga tahun berkecimpung di pasar modal yang tidak memiliki arah, Xu Yuhe, mitra Deep Water Fund Management, beralih ke bisnis yang lebih dapat diprediksi, yaitu membantu mahasiswa belajar di luar negeri.

Janji-janji stimulus ekonomi mungkin telah membuat pasar saham melonjak baru-baru ini, tetapi investor bersifat plin-plan sehingga optimisme itu kemungkinan hanya sementara, kata mantan profesional dana lindung nilai.

“Layanan pendidikan adalah bisnis yang lebih menarik,” kata Xu, yang bertujuan untuk memanfaatkan “tren yang berkembang bagi orang untuk belajar atau bermigrasi ke Hong Kong atau Singapura” untuk mendapatkan pengalaman internasional di lokasi yang makmur, dekat, dan memiliki budaya yang serupa.

Sektor keuangan senilai $67 triliun telah menanggung beban berbagai inisiatif, khususnya kampanye “kemakmuran bersama” yang diluncurkan pada tahun 2021 yang bertujuan untuk menutup kesenjangan kekayaan, dengan berbagai langkah termasuk pembatasan gaji dan pemotongan bonus.

Saat ini, industri dana lindung nilai, misalnya, menjadi sasaran tindakan keras terhadap perdagangan kuantitatif berbasis komputer yang menurut regulator dapat memperlakukan investor ritel secara tidak adil.

Data resmi menunjukkan, sebuah kampanye untuk mengidentifikasi operator dana lindung nilai yang lemah telah menyebabkan ribuan orang gulung tikar selama setahun terakhir.

Banyak dana lindung nilai bahkan tidak dapat memperoleh keuntungan dari reli pasar saham yang memecahkan rekor karena strategi berbasis data gagal memprediksi perubahan kebijakan yang mengejutkan, yang menyebabkan posisi short mengalami kerugian.

Stimulus pendukung pasar merupakan “tindakan jangka sangat pendek untuk memenangkan hati investor ritel,” kata Jason Tan, direktur headhunter REForce Group yang berkantor pusat di Shanghai.

“Saya telah berbicara dengan cukup banyak bankir… Mereka tahu bahwa ‘kemakmuran bersama’ akan segera terwujud dan masa-masa pekerjaan perbankan dengan gaji tinggi sudah berakhir. Para talenta perbankan mulai mencari pekerjaan di luar negeri atau beralih ke industri yang kurang diatur.”

BATAS GAJI

Industri reksa dana senilai $4,4 triliun juga telah mengalami “pergantian signifikan” di antara para eksekutif dana dan manajer portofolio karena perusahaan berfokus pada tinjauan kompensasi dan pengendalian biaya, kata konsultan dana Z-Ben Advisors.

China Merchants Fund Management, salah satu dari 10 perusahaan terbesar dalam hal aset yang dikelola, telah meminta para eksekutif senior untuk mengembalikan gaji yang diterima selama lima tahun terakhir yang melebihi batasan “kemakmuran umum” yang baru, Reuters melaporkan bulan lalu.

“Luasnya batasan kompensasi yang diterapkan akan menentukan apakah perpindahan intra-industri meningkat atau apakah staf kunci meninggalkan industri pengelolaan dana sepenuhnya,” kata Z-Ben dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada awal September.

Penangkapan dan penahanan para bankir juga mencerminkan meningkatnya risiko dalam berbisnis karena kompensasi secara efektif menurun, kata seorang mantan bankir investasi yang berhenti dari pekerjaannya tahun lalu dan pindah ke luar negeri.

Banyak staf bank negara yang memiliki kendala untuk bepergian ke luar negeri, untuk berjaga-jaga jika suatu hari pihak berwenang ingin meluncurkan penyelidikan terhadap bisnis tertentu, kata mantan bankir investasi tersebut.

SURPLUS BANKIR

Peluang bagi para pembuat kesepakatan juga telah dibatasi oleh regulator yang secara drastis memperketat proses pemeriksaan untuk para calon yang akan mencatatkan saham, sebagian untuk memastikan uang mengalir ke tempat yang diinginkan pemerintah, yaitu area strategis seperti semikonduktor.

Pencatatan di dalam negeri hampir terhenti sebagai akibatnya – pengumpulan dana semester pertama untuk penawaran umum perdana anjlok 75% dari periode yang sama tahun sebelumnya, data KPMG menunjukkan. Sementara itu, ketegangan geopolitik khususnya antara Tiongkok dan AS telah menambah alasan untuk tidak mencatatkan di luar negeri.

Mencerminkan kelebihan bankir, hampir setengah dari lebih dari 8.000 sponsor IPO terdaftar belum menyelesaikan satu pun kesepakatan tahun ini, catatan Asosiasi Sekuritas Tiongkok menunjukkan.

Mengingat prospeknya, bankir veteran Gu Zaifeng yang sebelumnya bekerja di Zheshang Securities mengajukan diri untuk menjadi sekretaris desa di pedesaan provinsi Shandong tahun ini.

“Dari sponsor IPO hingga sekretaris desa, alumni Gu telah meninggalkan gaji tinggi di Shanghai dan menetap di tingkat akar rumput,” kata asosiasi alumni Universitas Nanjing dalam sebuah pernyataan. Gu tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Di sektor sekuritas yang lebih luas, jumlah staf telah menyusut hampir 15.000 sejak akhir tahun 2022, tren ini akan terus berlanjut karena regulator mendorong konsolidasi dalam industri yang terfragmentasi.

Dengan konsolidasi pialang sekuritas utama yang mungkin terjadi menyusul penggabungan terbesar dalam sejarah sektor ini minggu lalu, lebih banyak pekerjaan perbankan investasi akan hilang, kata para analis.

“Saat ini, di mana-mana dalam industri ini, Anda menemukan investor dan pengusaha yang tidak bertanggung jawab yang berada di ambang hidup dan mati,” kata kapitalis ventura Wu Shichun dalam acara komedi stand-up pada bulan Juni yang disiarkan melalui akun WeChat miliknya.

“Saya merasa bersyukur atas masa sulit ini. Ini menjadi sumber semangat untuk penampilan saya,” kata Wu, mitra pendiri Plum Ventures dan kini lebih dikenal sebagai komedian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *