Kementerian Pariwisata RI Dorong Wisatawan Jelajahi Destinasi Lain di Kawasan Labuan Bajo

Business New City – Pejabat Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengimbau wisatawan tidak hanya membatasi rencana perjalanan ke Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, melainkan menjelajahi destinasi lain di daerah tersebut.

“Banyak destinasi wisata yang bisa dieksplorasi setelah berkunjung ke Labuan Bajo,” kata analis kebijakan ahli muda pada Direktorat Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata, Anggara Kusuma Pradoko, di Jakarta, Sabtu.

Ia mencontohkan, seusai dari Labuan Bajo, masih banyak lagi objek wisata yang bisa dieksplorasi di antaranya Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende, Danau Kelimutu, Desa Wologai, Desa Adat Bena, hamparan sawah berbentuk jaring laba-laba, dan Desa Adat Wae Rebo.

Destinasi wisata tersebut cenderung sepi dibandingkan dengan Labuan Bajo yang telah ditetapkan sebagai salah satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) nasional. Kementerian Pariwisata tengah bekerja sama dengan para pemangku kepentingan untuk meningkatkan pemasaran destinasi wisata di sekitar Labuan Bajo.

“Tidak hanya pemerintah daerah, pelaku pariwisata, tetapi juga influencer, media massa, yang bertujuan untuk menarik minat wisatawan. Selain itu, paket wisata juga tengah disiapkan untuk membantu wisatawan mengunjungi sejumlah objek wisata selain Labuan Bajo,” imbuhnya.

Ia berharap, dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke depan, dapat ikut meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Tidak hanya di kawasan wisata super prioritas Labuan Bajo, tetapi juga di Pulau Flores.

Pemerintah juga mendorong desa-desa wisata yang ada untuk menyiapkan rumah singgah bagi wisatawan yang ingin berinteraksi dengan masyarakat lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *