Berapa Gaji Rata-rata di Singapura

Business New City Singapura boleh dibilang sebagai salah satu negara terkaya di kawasan Asia Tenggara, dengan pertumbuhan PDB yang mengesankan dalam beberapa tahun terakhir. Menurut situs web Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura, ekonomi negara itu tumbuh sebesar 2,9 persen pada kuartal kedua tahun 2024. Negara-kota itu juga dikreditkan dengan tingkat pengangguran yang relatif rendah. 

Menurut temuan Kementerian Tenaga Kerja Singapura, negara tersebut mencapai batas terendahnya sebesar 1,9 persen pada tahun 2023. Dengan mempertimbangkan hal ini, isu kualitas hidup seperti gaji rata-rata di Singapura terus muncul dalam perbincangan. 

Artikel ini membahas gaji rata-rata di Singapura secara umum serta kategorisasi faktor utama lainnya seperti jenis kelamin dan pekerjaan menurut temuan Kementerian Tenaga Kerja. 

Gaji Rata-rata di Singapura

Gaji rata-rata di Singapura adalah S$5.197 per bulan sebelum kontribusi CPF karyawan dan pajak penghasilan pribadi. Data pendapatan kotor bulanan ini mencakup karyawan dan wiraswasta. 

Gaji bulanan yang tercatat dalam data mencakup gaji pokok, gaji lembur, komisi, tip, tunjangan lainnya, dan seperdua belas bonus tahunan. 

Yang menarik untuk dicatat dalam tabel pendapatan kotor bulanan rata-rata dari pekerjaan adalah peningkatan gaji bulanan yang konsisten di Singapura, yang tercatat setiap tahun dari 2013 hingga akhir 2023. Negara ini memulai dengan angka pendapatan bulanan sebesar S$3.705 pada tahun 2013 dan terus mengalami perubahan yang lebih tinggi setiap tahunnya. 

Gaji Rata-rata di Singapura Berdasarkan Jenis Kelamin

Kesetaraan gender selalu menjadi topik hangat di negara maju seperti Singapura. Kesenjangan antara kedua gender dalam hal gaji bulanan dapat mencerminkan kemampuan negara untuk bersikap inklusif. 

Menurut data, kesenjangan gaji antar gender di Singapura telah terlihat sejak tahun 2012 hingga beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2012, gaji bulanan rata-rata untuk pria tercatat sebesar S$5.080, sementara wanita berada di angka S$3.735. 

Kesenjangan gaji selalu menjadi penyebab kekhawatiran di tahun-tahun sebelumnya hingga turun menjadi satu digit dari tahun 2020 hingga 2023. Saat ini, gaji bulanan rata-rata karyawan pria di Singapura adalah S$390 lebih tinggi daripada karyawan wanita. 

Gaji Rata-rata di Singapura Berdasarkan Pekerjaan 

Dari awal tahun 00-an hingga 2023, para profesional, manajer, eksekutif, dan teknisi, yang juga disebut sebagai PMET dalam data, memperoleh gaji rata-rata yang jauh lebih tinggi daripada kelompok non-PMET. 

Sementara PMET mulai dari S$3.770, non-PMET, yang meliputi pekerja kantoran, pekerja jasa dan penjualan, pekerja kerajinan dan perdagangan terkait, serta petugas kebersihan dan buruh, mulai dari S$1.726. 

Pendapatan bulanan rata-rata di Singapura berdasarkan pekerjaan termasuk CPF pemberi kerja dapat dilihat sebagai berikut: 

  • Manajer dan Administrator (termasuk Pemilik yang Bekerja) – S$10.889
  • Profesional – S$8.020
  • Profesional & Teknisi Asosiasi – S$4.680
  • Pekerja Dukungan Administrasi – S$3.361
  • Pekerja Layanan & Penjualan – S$2.788
  • Pekerja Perajin & Perdagangan Terkait – S$2.863
  • Operator & Perakit Mesin & Pabrik – S$2.481
  • Pekerja Kebersihan, Buruh & Pekerja Terkait – S$1.861

Kementerian Tenaga Kerja Singapura | Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *