10 Negara dengan Keterjangkauan Perumahan Terbaik di Dunia

Business New City – Pemerintah Indonesia sebelumnya mengeluarkan kebijakan yang mewajibkan semua pekerja untuk mendaftarkan diri dalam program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera). Meski pelaksanaannya masih ditunda, inisiatif ini diharapkan dapat membantu pekerja berpenghasilan rendah untuk memiliki rumah.

Memang, memiliki rumah merupakan tantangan tersendiri ketika biaya hidup terus meningkat. Namun, sebagian orang di seluruh dunia tidak menghadapi masalah serupa karena harga rumah di negara mereka terjangkau.

Artikel ini akan mengulas beberapa negara di dunia yang terkenal dengan harga perumahan yang terjangkau . Apakah negara Anda termasuk dalam daftar ini? 

Daftar Negara dengan Keterjangkauan Perumahan Terbaik

Insider Monkey telah mengumpulkan data dari laporan Harga Perumahan OECD untuk melihat negara mana yang menawarkan keterjangkauan perumahan terbaik. Sistem pemeringkatan didasarkan pada dua metrik: keterjangkauan dan profitabilitas kepemilikan.

Berikut adalah 10 negara teratas dengan keterjangkauan perumahan terbaik menurut Insider Monkey :

1. Korea Selatan

Menurut temuan Insider Monkey , Korea Selatan tampaknya menawarkan keterjangkauan perumahan terbaik. Meskipun harga rata-rata perumahan cukup mahal di negara tersebut, terutama di Seoul, mencapai hingga $680.000, biaya hidup keseluruhan di Korea Selatan relatif rendah.

2. Finlandia

Harga rata-rata rumah di Finlandia ditetapkan sebesar $2.784 per meter persegi, pada tahun 2022. Angka tersebut telah turun dari tahun sebelumnya karena melambatnya ekonomi dan meningkatnya suku bunga.

3. Rumania

Rumania mengalami situasi yang serupa dengan Finlandia. Biaya rumah di negara itu sekitar $1.700 per meter persegi pada tahun 2022, yang menunjukkan penurunan sebesar 7,49 persen dari tahun sebelumnya. Tren ini disebabkan oleh penurunan permintaan di pasar perumahan Rumania.

4. Italia

Harga rumah di Italia relatif stabil dari waktu ke waktu. Untuk rumah standar berukuran 2.000 kaki persegi, harga rata-ratanya sekitar $380.000.

5. Afrika Selatan

Afrika Selatan adalah negara lain yang menawarkan harga perumahan yang terjangkau. Negara Afrika ini mengalami penurunan harga perumahan sebesar 2,5 persen pada kuartal ketiga tahun 2023. Setiap orang dapat membeli rumah standar dengan harga sekitar $74.000.

6. Polandia

Anda bisa mendapatkan properti per meter persegi di Polandia dengan harga sekitar $3.000. Insider Monkey melaporkan bahwa indeks keterjangkauan negara tersebut berada pada angka 94,72, sedangkan indeks profitabilitas kepemilikannya menunjukkan angka 108,91.

7. Swedia

Swedia mengalami tren penurunan indeks harga perumahan sebesar lebih dari 1 persen pada tahun 2022. Hal ini mengakibatkan harga apartemen turun menjadi sekitar $240.000. Di sisi lain, harga rumah di daerah populer di Swedia akan mencapai sekitar $5.000 per meter persegi.

8. Belgia

Harga rumah di Belgia dapat bervariasi dari satu daerah ke daerah lain. Namun, rata-rata, Anda dapat menghabiskan lebih dari $2.000 untuk rumah biasa dan sekitar $3.000 per kaki persegi untuk apartemen.

9. Denmark

Insider Monkey memasukkan Denmark sebagai salah satu negara dengan keterjangkauan perumahan terbaik. Harga jual rata-rata rumah di Denmark mencapai $437.000 pada bulan Juni 2023.

10. Republik Ceko

Sementara Estonia menawarkan keterjangkauan perumahan yang baik, proyeksi awal pada tahun 2023 menunjukkan bahwa harga rumah di area inti dapat naik hingga $3.500 per meter persegi dan $2.500 di area lain.

Harga rumah di sepuluh negara ini terjangkau, sehingga memudahkan warganya untuk memiliki rumah. Anda juga dapat melihat daftar tempat tinggal termurah di dunia . Cari tahu apakah harganya memang terjangkau atau tidak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *