9 Negara Merayakan Hari Kemerdekaan di Bulan Agustus, Termasuk Indonesia

Business New City – Agustus merupakan bulan yang penting bagi beberapa negara di dunia. Bulan ini menandai kemerdekaan mereka dari penjajahan apa pun.

Salah satu negara yang merayakan hari kemerdekaannya adalah Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Berbagai kegiatan seperti upacara bendera, permainan tradisional, hingga pawai digelar untuk merayakan hari kemerdekaan tersebut.

Nah, berikut ini beberapa negara yang turut merayakan kemerdekaan Indonesia di bulan Agustus, dikutip dari berbagai sumber:

1. Bolivia (6 Agustus)

Hari Kemerdekaan Bolivia pada tanggal 6 Agustus memperingati pembebasan negara tersebut dari penjajahan Spanyol pada tahun 1825. Hari ini juga dikenal sebagai Dia de la Patria dan merupakan hari libur umum dan masyarakat memperingatinya dengan upacara sipil, parade jalanan, karnaval, pertunjukan musik, dan kembang api.

2. Jamaika (6 Agustus)

Jamaika memperoleh Hari Kemerdekaannya pada tanggal 6 Agustus 1962, yang menandai kebebasannya dari ketergantungan pada Inggris dalam mengatur urusan negara. Layanan Informasi Jamaika resmi menginformasikan bahwa hari itu juga menjadi momentum bagi warga Jamaika untuk menghormati orang-orang yang berkontribusi terhadap kemerdekaan mereka.

3. Pantai Gading (7 Agustus)

Pantai Gading, yang secara resmi dikenal sebagai Republik Pantai Gading, adalah sebuah negara di Afrika Barat. Negara ini dulunya berada di bawah kekuasaan koloni Prancis.

Hingga 7 Agustus 1960, Pantai Gading mendeklarasikan kemerdekaannya dari Prancis. Setiap tahun, masyarakat memperingati Hari Kemerdekaannya dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan budaya dan parade.

4. Ekuador (10 Agustus)

Ekuador adalah negara lain yang Hari Kemerdekaannya jatuh pada bulan Agustus. Tepatnya, 10 Agustus diperingati sebagai hari pembebasan negara Amerika Selatan itu dari penjajahan Spanyol pada tahun 1809.

Warga setempat menyebut Hari Kemerdekaan mereka sebagai Día del Primer Grito de Independencia de Quito. Ini adalah hari libur umum di mana parade tradisional dan perayaan budaya diadakan untuk memperingati hari tersebut.

5. Pakistan (14 Agustus)

Tepat sehari sebelum India, Pakistan merayakan Hari Kemerdekaannya pada tanggal 14 Agustus. Tanggal tersebut menandai berdirinya negara tersebut pada tahun 1947 setelah memperoleh kemerdekaan dari kolonialisme Inggris.

6. India (15 Agustus)

Agustus merupakan bulan yang penting bagi seluruh warga India. Tanggal 15 Agustus 1947 adalah hari di mana India mendeklarasikan kemerdekaannya dari penjajahan Inggris. Hari itu pada dasarnya mengakhiri penjajahan Inggris selama lebih dari 200 tahun di negeri itu.

Salah satu tokoh kunci kemerdekaan India adalah Sardar Vallabhbhai Patel. Dikutip dari situs resmi Distrik Narmada, masyarakat India membangun Patung Persatuan sebagai penghormatan atas kontribusinya yang luar biasa bagi negara.

7. Korea Selatan (15 Agustus)

Korea Selatan memiliki tanggal yang sama dengan India untuk memperingati Hari Kemerdekaannya. Dikutip dari Museum Rakyat Nasional Korea, negara Asia Timur ini merayakan Hari Pembebasan Nasionalnya, yang dikenal sebagai Gwangbokjeol—yang secara harfiah diterjemahkan sebagai ‘hari cahaya kembali’, pada tanggal 15 Agustus.

Hari ini menandai berakhirnya kekuasaan Jepang di semenanjung selama 35 tahun, sekaligus pemulihan kedaulatan Korea. Gwangbokjeol di Korea Selatan ditetapkan sebagai hari libur nasional.

8. Republik Kongo (15 Agustus)

Bersamaan dengan India dan Korea Selatan, tanggal 15 Agustus juga menandai kemerdekaan Republik Kongo dari penjajahan Prancis. Perlu dicatat bahwa negara ini berbeda dari negara tetangganya, Republik Demokratik Kongo, yang Hari Kemerdekaannya jatuh pada tanggal 30 Juni.

9. Indonesia (17 Agustus)

Yang terakhir namun tidak kalah pentingnya, masyarakat Indonesia merayakan Hari Kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus. Tanggal tersebut menandai pembebasan Indonesia dari Belanda pada tahun 1945.

Sebentar lagi, negara ini akan memperingati hari kemerdekaannya yang ke-79. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, upacara bendera tahun 2024 akan dilaksanakan di dua lokasi, yaitu di calon ibu kota negara Indonesia, Ibu Kota Nusantara (IKN), dan Istana Merdeka, Jakarta.

“Presiden Jokowi akan bertindak sebagai inspektur upacara di IKN. Upacara penurunan bendera juga akan dilaksanakan di dua lokasi, yaitu IKN dan Istana Merdeka, Jakarta,” kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno, seperti dikutip dari situs resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia.

Ternyata sejumlah negara merayakan hari kemerdekaannya di bulan Agustus. Beberapa negara, seperti India dan Korea Selatan, merayakan hari kemerdekaannya di tanggal yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *