Jokowi soal Lambatnya Investasi Asing di IKN: Pemerintah Utamakan Investor Lokal

Business New City – Presiden Joko ” Jokowi ” Widodo tampaknya tak mempermasalahkan lambannya investasi asing di proyek Ibu Kota Negara Nusantara atau IKN. Ia menyatakan pemerintah lebih mengutamakan investor dalam negeri.

“Kita masih punya banyak sumber daya lokal, jadi kita harus utamakan sumber daya Scatter Hitam dalam negeri dulu,” ujarnya di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu, 14 Agustus 2024.

Presiden juga menyampaikan rasa puasnya terhadap keseluruhan proses Situs Toto</a pembangunan IKN tahap pertama tahun 2022 hingga 2024 yang difokuskan pada pembangunan gedung-gedung pemerintahan.

Ia juga mengumumkan rencana untuk melakukan upacara peletakan batu pertama tambahan setelah Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus, dan bahwa Kepala Otoritas IKN akan terus menyeleksi 472 Surat Pernyataan Minat yang diserahkan.

“Ada 10 proyek yang dijadwalkan mulai. Mereka sedang antri,” kata Jokowi.

Minimnya investasi asing di IKN dinilai menjadi salah satu kendala pembangunan ibu kota baru. Pemerintah membutuhkan suntikan dana untuk mengimbangi pengeluaran anggaran negara.

Pemerintah mengalokasikan Rp72 triliun dari APBN untuk pembangunan IKN tahun 2022 hingga 2024, dengan tambahan Rp29,8 triliun yang diminta oleh Plt. Wakil Kepala Otoritas IKN untuk tahun berikutnya. Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) sejauh ini telah mencapai Rp56,2 triliun.

Kementerian Keuangan telah meningkatkan anggaran IKN sebesar Rp1,9 triliun menjadi Rp42,5 miliar untuk tahun 2024 guna memastikan pembangunan https://rspondokindah.id/ infrastruktur berkualitas tinggi, menurut Direktur Jenderal Anggaran Isa Rachmatarwata di Jakarta pada Selasa, 13 Agustus.

Pemerintah hanya mengalokasikan 20% dari total anggaran Rp466,9 triliun untuk proyek IKN atau senilai Rp90,4 triliun.

Selain kontribusi keuangan pemerintah, Presiden Jokowi mengumumkan penanaman modal dalam negeri di IKN telah mencapai Rp56,2 triliun yang berasal dari 55 proyek yang telah digagas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *