Prabowo Subianto Sebut Indonesia Bisa Capai Swasembada Pangan dalam 5 Tahun

Business New City – Presiden terpilih Prabowo Subianto mengatakan Indonesia tidak perlu khawatir jika sudah mencapai ketahanan pangan dan energi. Ia bahkan menyebut Indonesia tidak perlu takut kepada siapa pun di dunia.  “ Pangan -energi, itu kuncinya. Kalau kita sudah aman pangan dan energi, kita tidak perlu takut kepada siapa pun. Kita tidak perlu khawatir dengan (nilai tukar) rupiah,” ujarnya saat penutupan Kongres Nasional Partai Amanat Nasional, Sabtu, 24 Agustus 2024. “Kita amankan dulu pangan dan energi, baru hilirisasi.”

Prabowo mengatakan, pihaknya sudah mengumpulkan para ahli sejak dirinya dan Gibran Rakabuming ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024. “Saya langsung kumpulkan para ahli pertanian, pangan, energi, ekonomi, perbankan, dan pajak,” ujarnya.

Menurut perhitungan timnya, kata Prabowo, Indonesia akan mencapai swasembada pangan dalam lima tahun ke depan. Tim Prabowo juga berharap Indonesia bisa menjadi negara pengekspor pangan dunia. 

Sementara itu, dari sektor energi, Prabowo Subianto mengatakan Indonesia akan segera dapat menghentikan impor bahan bakar solar karena negara ini akan mendorong pasokan biodiesel. “Sekarang sudah B35 dan kami akan mempercepatnya ke B40, minimal B50,” katanya. 

Menurut presiden terpilih, Indonesia akan menghemat sekitar US$20 miliar dengan produksi B50. “Kita harapkan B50 bisa tercapai akhir tahun ini atau awal tahun depan. Kita akan menghemat US$20 miliar dalam setahun, Rp300 triliun akan beredar di Indonesia,” kata Prabowo Subianto. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *